Pages

Monday, March 23, 2015

[Book Review] Who Am I? 2


 
Penulis: @PsikologID
Editor: Andiek Kurniawan
Penerbit: PT Tangga Pustaka
ISBN: 979-083-094-7
Tebal: 252 hlm
Rate: 4/5

Blurb
Buat kamu yang udah punya pacar, coba jawab pertanyaan ini. “Kira-kira seberapa besar cintanya padamu?” Besar? Yakin?Nah, buat kamu yang ngejomlo atau masih saja galau dan susah move on, coba jawab pertanyaan ini: “Sampai kapan kamu terus-terusan menutup diri dan selalu inget sama mantan?” Bingung jawab pertanyaan itu atau nggak tahu harus jawab apa? Kamu perlu coba deh ikuti tes kepribadian dan cinta di buku ini.

Who Am I? 2 berisi tentang Love & Personality Test, kumpulan dari tes psikologi yang membahas tentang cinta, dari tanda-tanda jatuh cinta, proses PDKT, mengukur seberapa besar cinta kalian berdua, seperti apa karakter pasangan yang cocok, bagaimana cara move on dari kegalauan saat putus cinta, dan masih banyak lagi.

Who Am I? 2 menggabungkan beberapa tes psikologi, seperti kokologi, proyeksi perilaku bawah sadar, dan respon terhadap suatu masalah. Jadi, buku ini BUKAN kitab ramalan atau prediksi dari suatu kejadian. Selain itu, buku ini disajikan secara ringan dan sederhana, berdasarkan ilmu psikologi popular dan observasi perilaku remaja hingga dewasa yang sering sekali ditanyakan di akun twitter @PsikologID.

Penasaran ingin tahu seberapa dalam cintamu padanya? Atau, kamu ingin dia tahu seberapa besar ciontanya padamu, hadiahkan buku ini padanya. Selamat mencoba!

***

@PsikologID kini kembali dengan buku Who Am I? 2 :D konsep isinya masih sama seperti buku yang pertama, tapi bedanya selain membahas personality test kali ini Who Am I? 2 juga membahas tentang cinta-cintaan!!! Wuaah, apa dan seperti apakah itu? Tengok sinopsisnya dan pasti langsung kebayang kekeke 

Dalam buku ini terdapat 26 tes dari mulai tentang kepribadian, interaksi dengan dunia sekitar, perihal cinta, pasangan, PDKT dan cara menangani masalah. Tapi walaupun begitu porsi tentang perihal cinta lah yang paling banyak menurutku. 


Berbicara mengenai cinta, lalu bagaimana dengan para jomblo atau jones (jomblo ngenes), seperti aku misalnya? Eh, aku single deh hohoho Tenang. Buku ini bukan cuma membahas tentang cinta untuk yang udah punya pasangan, tapi bagi para single pun ada :D contohnya kayak tes ke-25, Karakter Pasangan yang Cocok Buat Kamu, terus tes ke-12 dan ke-13 tentang Pasangan yang Cocok dengan Tempramenmu dan Berdasarkan Karakter Kamu, ini bisa cukup membantu buat dapat pencerahan lho! Bahkan ada tes tentang PDKT yang cocok!!!

Lalu kalau buat para pasangan nih, ada tes tentang LDR, move on, cyber love, siapa tahu ada yang mau ngetes seberapa besar cintanya si doi padamu #cieee #siriknih :D terus kalau buat para petualang cinta, ada nih tes tentang petualangan cinta.

Zaman sekarang itu sering banget yang namanya modus dan dimodusin. Bener nggak? Ayo, ngaku! Hahahaha tenang, kalau kamu penasaran di buku ini juga ada tes buat tahu si doi modus nggak sih sama kamu? atau, buat tahu doi jatuh cinta nggak ya sama kamu?

Cinta itu datang semaunya dan terkadang menyelinap begitu saja tanpa ketahuan. Dan di buku ini juga ada tes tentang Apakah Kamu Sedang Jatuh Cinta, beneran… aku kaget lihat tes ini. Tapi yaa, seru sih :D
Buku ini nggak melulu tentang cinta kok, ada beberapa tes dan berdasarkan tulisan yang hasilnya menggambarkan kepribadian kita. Terus ada tes tentang gambar yang hasilnya bisa menggambarkan kehidupan cinta, dan siapa yang menyangka jika dibalik suatu warna yang dipilih bisa terlihat karakter cintanya!

***

Aku itu tertarik banget sama hal-hal tentang tes kepribadian. Bukan apa-apa, hanya ingin “mengenal” diri lebih jauh. Memberikan pertanyaan-pertanyaan mendasar akan diri sendiri itu menyenangkan menurutku :D duh, jadi inget filsafat. Filsafat sama psikologi keren yaaa #kagum oke, lanjuuut.

Kebetulan aku punya buku Who Am I? pertama yang tentang personality test, daaaan dapat buntelan Who Am I? 2 iniii dari Tangga Pustaka, terima kasih TP :D mengingat beberapa buku psikologi tentang kepribadian yang aku miliki, tetap saja buku Who Am I? 2 ini nggak membosankan! Buku ini juga mampu ngebuat aku ngerasa kayak lagi ngaca. Dan yang menjadi target pembaca buku Who Am I? 2 ini adalah remaja dan dewasa awal. Walapun orang yang sudah dewasa pun tetap bisa menikmati buku ini.

Gaya penulisannya yang sederhana namun padat membuat pembaca mudah mengerti, font yang “enak di mata”, serta ilustrasi yang ada mampu membuat aku nggak merasa bosan. Lalu covernya pun tak kalah cantik dengan buku pertama. Warna-warna yang digunakan masih sama, simple namun tetap menarik. Bedanya, ilustrasi di cover buku ke-2 ini bentuknya lope-lope mengingat buku ke-2 ini mengangkat tentang percintaan :D teori yang digunakan penulis dalam pembuata buku ini adalah teori Carl Jung dan Sigmund Freud. 

Penulis mengemas buku ini dalam tes-tes dan kuis di dalamnya. Pembaca bisa mengerjakan tes/kuis tersebut dan mencocokkan hasilnya. Lalu melihat, apakah hasilnya memang cocok atau tidak? Apakah pembaca seolah sedang bercermin atau tidak. Aku sendiri seolah sedang bercermin saat membaca hasil tesku. 

Di buku ini, pembaca sendiri yang membaca, melakukan dan melihat hasil tes/kuisnya. Pembaca tidak perlu khawatir apakah akan ada seseorang yang men-judge atau tidak. Hasil dari tes/kuis yang dilakukan tidak terasa seperti menghakimi :D

Jadiii, siapkan kertas dan pensil milikmu. Mari berhitung!!!! Hohoho siap untuk bercermin? :D




No comments:

Post a Comment