Pages

Friday, February 27, 2015

[Book Review+Posbar] A Dandelion Wish



Penulis: Xi Zhi
Penerjemah: Jeanni Hidayat
Penerbit: Haru
Tebal: 346 hlm
Terbit: April 2014
Rate: 3.5/5

Bai Qian Xun, seorang dokter ahli bedah jantung yang terkenal namun berhati dingin dan sangat sulit didekati. Tak heran jika Bai Qian Xun disebut sebagai dokter robot. Hingga suatu hari, Dokter Bai harus ikut menangani pasien di UGD –yang menurutnya tidak ada tantangan sama sekali. Lalu saat Dokter Bai akan pulang, ia menemukan seorang laki-laki asing yang duduk santai di atas kap mobilnya sambil menyenandungkan lagu blues! Seolah itu belum cukup, laki-laki itu meminta Dokter Bai mau menampungnya malam ini.


Tentu saja Dokter Bai menolak dan beralasan bahwa suaminya tidak akan setuju, padahal sebenarnya Dokter Bai belum menikah. Namun, entah apa yang membuatnya berputar arah saat mobilnya melaju meninggalkan rumah sakit–kembali pada laki-laki asing itu. Hati Dokter Bai yang dingin mulai tergerak oleh rasa kasihan dan akhirnya membiarkan laki-laki itu menumpang di apartemennya.

Lambat laun, Dokter Bai terbiasa dengan keberadaan Cheng Feng–lelaki asing itu–di apartemennya. Cheng Feng selalu menyiapkan makanan untuk Dokter Bai, karena laki-laki itu menyadari bahwa Dokter Bai tidak becus mengurus hidupnya sendiri walaupun ia memiliki tangan ‘lima miliar’. Dokter Bai mempekerjakan Cheng Feng sebagai pengurus apartemennya, karena lelaki itu pengangguran dan Dokter Bai sangat menyukai masakannya. Perasaan Dokter Bai membuncah karena lelaki itu, dan Cheng Feng pun menyukai ‘majikannya’. Dan sudah diputuskan, Dokter Bai memelihara laki-laki!!!

Sudah bisa dipastikan bahwa keputusannya ini akan membuat orangtuanya–terutama ibunya–geram. Belum lagi kepala rumah sakit tempat Dokter Bai bekerja, Dokter Xin He Qin, selalu mencoba mendekatinya. Lalu ada Song Jia Jia, seorang  dokter muda yang cerewt yang selalu mengokri Dokter Bai dan berharap bisa dibimbing langsung oleh Dokter Bai. Karena apa? Karena Song Jia Jia tidak mau dibimbing oleh Dokter Xin He Qin, yang dijulukinya kelamin berjalan. Lalu yang terpenting, apa yang akan terjadi saat Dokter Bai tahu bahwa Cheng Feng ternyata hilang ingatan dan akhirnya dapat mengingat siapa dirinya?

***

Alasan saya membeli novel ini adalah karena profesi Bai Qian Xun. Dokter!!! Yup, saya pengagum segala sesuatu yang tentang kedokteran. Apalagi drama, dan saat menemukan novel ini saya langsung bersemangat!

Sejujurnyaaaa~ *nyanyi* novel ini merupakan novel mandarin terjemahan pertama yang aku baca, karena aku agak sulit mengingat nama-namanya :P Tapi terjemahannya bagus, saya nggak bingung. Mengenai alur, saya tidak merasa terganggu. Hanya saja konflik muncul setelah akhir-akhir cerita dan membuat bibir saya bergumam ‘O’ besar-besar.

Cover? Covernya cantik :D saat melihat covernya, saya kira novel ini tentang bunga atau arti dibalik bunga. Eh, ternyata tentang kedokteran :D tapi tenang, pembaca jadi dapat mengetahui arti bunga dandelion, apalagi saat kita berhasil meniupnya hohoho

Dalam novel ini banyak ditemukan kissing scene, dan adegan yang ehem... tapi tidak dijelaskan sih hihihi, jadi... novel ini tidak disarankan untuk yang masih dibawah umur :)
Lalu di novel ini juga disebutkan beberapa makanan yang dibuat oleh Cheng Feng, dan itu sukses membuat saya ngiler!!! Tapi yang sangat saya sayangkan dari novel ini adalah kurangnya tindakan medis atau penggunaan istilah-istilah kedokteran. Ya, memang dalam cerita ini dikatakan bahwa Dokter Bai mengikuti berbagai seminar kedokteran, tapi itu menurut saya belum cukup memuaskan(?) rasa excited saya. Namun, interaksi antar tokohnya membuat saya sedikit terobati. Ya, walapun rasa excited saya belum terpenuhi. Atau mungkin saya lebih cocok menonton film atau drama-drama kedokteran dibanding novel? .-. 

Dengan berat hati…
3.5 bintang untuk A Dandelion Wish


2 comments:

  1. iya ya, baca novel mandarin dan korea itu paling susah mengingat nama2nya hehe... sayang juga kalau profesi dokternya kurang digali ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. halloo kak astrid :D
      kalau novel korea sih aku masih mending kak, nah klo novel mandarin baru susah banget hafalnya xD iya, di novel ini ttg profesi dokternya kurang digali.
      Coba kalau ada satuuu aja bagian pas dokter Bai nya lg ngelakuin operasi
      Makasih kak astrid udh mampir hehehe

      Delete