Pages

Monday, July 14, 2014

[Book Review #3] Sunshine Becomes You


 Penulis: Ilana Tan
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, Cetakan pertama Januari 2012
Tebal: 432 halaman
ISBN: 978-979-227-813-2
Harga: Rp 65.000,- di Toko Buku Gramedia
Rating: 5/5

Sinopsis:
“Walaupun tidak ada hal lain di dunia ini yang bisa kaupercayai, percayalah bahwa aku mencintaimu. Sepenuh hatiku.”
Ini adalah salah satu kisah yang terjadi di bawah langit kota New York…
Ini kisah tentang harapan yang muncul di tengah keputusasaan…
Tentang impian yang bertahan di antara keraguan…                                                                       
Dan tentang cinta yang memberikan alasan untuk bertahan hidup.
Awalnya Alex Hirano lebih memilih jauh-jauh dari gadis itu—malaikat kegelapannya yang sudah membuatnya cacat.
Kemudian Mia Clark tertawa dan Alex bertanya-tanya bagaimana ia dulu bisa berpikir gadis yang memiliki tawa secerah matahari itu adalah malaikat kegelapannya.
Awalnya mata hitam yang menatapnya dengan tajam dan dingin itu membuat Mia gemetar ketakutan dan berharap bumi menelannya detik itu juga. Kemudian Alex Hirano tersenyum dan jantung Mia yang malang melonjak dan berdebar begitu keras sampai Mia takut Alex bisa mendengarnya.

Review:
Kehidupan Alex Hirano yang hanya bergelut dengan musik dan pianonya terasa tidak ‘hidup’ dan berwarna. Namun semua itu berubah saat ia bertemu dengan Mia Clark. Pada pertemuan mereka yang pertama Mia, sudah mencederai tangan kiri Alex karena tertimpa dirinya yang terjatuh dari atas tangga, membuat tangan kiri Alex terkilir dan tidak dapat bermain piano selama dua bulan. Sejak saat itu Alex Hirano tidak menyukai Mia, gadis yang membuat semua rencana konsernya berantakan dengan mencederai tangannya, pria itu lebih memilih jauh-jauh dan tidak berurusan dengan gadis itu.


Karena merasa bersalah telah mencederai tangan seorang pianist terkenal, Mia terus menawarkan bantuannya pada Alex. Tawaran itu jelas-jelas ditolak oleh Alex. Namun pada akhirnya dengan berat hati  Alex menerima tawaran gadis itu setelah ia mendapatkan kesulitan beraktifitas dengan hanya menggunakan satu tangan, ia menempatkan Mia sebagai ‘pesuruh dan pengurus rumah’ hingga tangannya kembali pulih. Pertanyaan yang sama selalu menganggu pikiran Alex, bertanya-tanya kenapa orang tuanya justru merasa jika Mia Clark adalah gadis yang menyenangkan padahal gadis itu yang telah menyebabkan tangannya cedera?

Secara perlahan Alex mulai menyukai senyum yang terulas di wajah gadis itu, pelan-pelan merasakan jika keberadaan gadis itu sangat penting untuknya, terlebih dengan kopi buatannya yang terasa berbeda dengan kopi-kopi yang pernah ia minum. Bahkan Alex rela bersaing dengan pria-pria yang menaruh hati pada gadis itu, walaupun dengan adiknya sendiri, Ray Hirano. Kedekatan Alex dan Mia tidak harus diumbar melalui kata-kata, tapi dengan sikap mereka dan kalimat-kalimat sederhana itu mampu menunjukkan bahwa mereka sudah terbiasa dengan keberadaan satu sama lain. Sampai suatu ketika, Alex mengetahui rahasia yang selalu ditutupi rapat-rapat oleh Mia.
 Walaupun tidak ada hal lain di dunia ini yang bisa kau percayai, percayalah bahwa aku mencintaimu. Sepenuh hatiku.
Bagi anda penggemar setia tetralogy empat, musim mungkin kata-kata ini terasa familiar, karena sebenarnya quote ini pernah digunakan Ilana Tan dalam novel Spring in London, quote ini pernah diucapkan Dany untuk Naomi.

Seperti novel tetralogy empat musim mirlik Ilana Tan sebelumnya yang menceritakan berbagai kisah yang dibalut dengan romatisme. Kini dalam novel terbarunya, Sunshinee Becomes You ini Ilana Tan menunjukkan kepiawaiannya dalam menuturkan alur cerita yang sebenarnya sering kita baca dan dengar di film-film atau novel lain. Saya sudah tidak meragukan lagi kepiawaian Ilana Tan dalam mengatur perpindahan sudut pandang antara satu karakter dengan karakter lainnya berlangsung dengan mulus, membuat cinta antara Alex dan Mia terasa begitu natural dan sederhana, dan mampu membuat saya menyelesaikan novel ini hanya dalam waktu dua hari :’)

Saya sangat menyukai ide Ilana Tan akan Mia yang pandai meracik kopi dan kartu permohonan yang diberikan Mia pada Alex jika sewaktu-waktu pria itu ingin mengajukan permohonan, dan Mia mau tidak mau akan memenuhinya. Itu semua adalah hal-hal kecil yang mempermanis kisah yang ada di dalan novel ini, bahkan membuat saya ikut tersipu hehe

Cover bukunya cantik. Saat melihat cover-nya, itu terasa hangat dan saya menebak pasti ada perasaan yang mendalam. Jalan cerita dalam buku ini runut dan Ilana Tan kembali berhasil mendeskripsikannya dengan baik.  

Siapkan tisu selama membaca buku ini, karena saya sampai berkaca-kaca melihat kelanjutan hubungan Alex dan Mia, juga permainan takdir yang ada pada Mia.
5 bintang untuk kisah antara Alex dan Mia!!!


Diikutkan dalam:
- IRRC 2014
- Young Adult Reading Challange 2014

No comments:

Post a Comment