Pages

Thursday, August 07, 2014

[Book Review #16] Summer in Seoul


Penulis: Ilana Tan
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 280 halaman
ISBN: 9792224602
ISBN-13: 978-979-22-2460-3
Rating: 4/5



Jung Tae-Woo—penyanyi muda terkenal Seoul yang muncul kembali setelah empat tahun menghindari dunia showbiz.
"Aku hanya ingin memintamu berfoto denganku sebagai pacarku," kata Jung Tae-Woo pada gadis di hadapannya.
Sandy alias Han Soon-Hee—gadis blasteran Indonesia-Korea yang sudah mengenali Jung Tae-Woo sejak awal, namun sedikit pun tidak terkesan.
Sandy mengangkat wajahnya dan menatap laki-laki itu, lalu berkata, "Baiklah, asalkan wajahku tidak terlihat."
Awalnya Jung Tae-Woo tidak curiga kenapa Sandy langsung menerima tawarannya. Sementara Sandy hanya bisa berharap ia tidak akan menyesali keputusannya terlibat dengan Jung Tae-Woo. Hari-hari musim panas sebagai "kekasih" Jung Tae-Woo dimulai. Perubahan rasa itu pun ada. Namun keduanya tidak menyadari kebenaran kisah empat tahun lalu sedang mengejar mereka.
***

"Sudah lama tidak melihatmu. Kau tahu, aku hampir melupakan wajahmu. Kalau aku sampai lupa bagaimana wajahmu, aku tidak bakal bisa melakukan apa pun lagi. Kau tahu kenapa? Karena aku akan terlalu sibuk berusaha mengingat wajahmu sampai-sampai tidak mampu memikirkan masalah lain."

Han Soon Hee atau Sandy, merupakan gadis berdarah Indonesia-Korea dan tercatat sebagai mahasiswi tingkat tigas di salah satu universitas di Seoul, kini harus berurusan dengan Jung Tae Woo–seorang penyanyi muda terkenal.


Jung Tae Woo , seorang penyanyi muda terkenal, kini akan kembali ke dunia hiburan setelah hiatus selama empat tahun. Namun, di awal kemunculannya ia malah diterpa gossip bahwa ia seorang gay! Tentu saja hal ini membuat Tae Woo kelimpungan, apalagi dalam waktu dua minggu lagi ia akan meluncurkan album barunya. Akhirnya, Park Hyun Shik –manager Tae Woo–mendapatkan ide untuk meredam sekaligus untuk mengklarifikasi gossip tersebut.
 
Tae Woo harus berfoto bersama seorang perempuan yang akan berperan sebagai pacarnya!
Tentu saja ide itu sangat brilliant, tapi masalahnya… siapa gadis yang bersedia jadi kekasih bohongannya Jung Tae Woo? Bahkan hanya untuk sekedar dipotret dengan laki-laki itu.

Awal pertemuan Sandy dan Tae Woo bermula dari insiden ponsel mereka yang tertukar di swalayan. Akibatnya Sandy terpaksa ke rumah Tae Woo malam-malam untuk menukar kembali ponsel mereka. Saat Tae Woo dan Hyun Shik akan mengantarkan Sandy pulang, ternyata ada wartawan yang melihatnya dan memotret mereka.

Keesokan harinya foto itu telah menjadi topik utama di berbagai media, membuat orang-orang menyangka jika gadis yang difoto tersebut (padahal Sandy)  adalah pacar Tae-Woo! Untung saja wajah Sandy tidak terlalu jelas terlihat saat difoto (kalau tidak… saya yakin Sandy akan diserang oleh fans fanatiknya Tae Woo hehehe). Scandal yang beredar di media membuat Tae Woo berpikir kenapa tidak sekalian saja meminta Sandy untuk jadi kekasih bohongannya? Apalagi jika hanya untuk sekedar difoto.

Selain menjadi seorang mahasiswi, Sandy juga bekerja sambilan di salah satu butik milik perancang terkenal, Mister Kim. Karena pekerjaannya inilah Sandy kembali bertemu dengan Jung Tae Woo. Ternyata laki-laki itu telah memutuskan untuk memakai hasil rancangan Mister Kim di setiap kegiatannya, dan Sandy-lah yang menjadi perantara antara Mister Kim dan Tae Woo.

Setelah Tae Woo kembali bertemu dengan Sandy, tanpa pikir panjang laki-laki itu meminta Sandy untuk menjadi kekasih bohongannya. Dan tanpa pernah Tae Woo sangka, Sandy mau membantunya! Tapi ada satu hal yang tidak diketahui Tae Woo, bahwa Sandy tidak pernah tertarik sama sekali terhadapnya. Walaupun taraf kegantengan Tae Woo tidak bisa terbantahkan, dan suaranya yang bagus, tapi Sandy tidak tertarik sama sekali.

Sebenarnya ada hal yang menjadi alasan mendasar kenapa Sandy mau menjadi kekasih bohongan Tae Woo, tentang sebuah kejadian di masa lalu yang juga menjadi alasan kenapa Tae Woo hiatus hingga empat tahun lamanya.
***

Ini merupakan novel pembuka dari tetralogi empat musim milik Ilana Tan, tapi bukan buku pertama yang saya baca hehehe yang pertama saya baca malah Winter in Tokyo :P
Setting yang diambil dalam novel ini adalah Seoul dan Jakarta. Cover-nya eye-catching, isi novelnya juga sangat menarik, ringan dan saya menikmatinya selama membaca novel ini. Ya walaupun dalam novel ini konfliknya tidak terlalu banyak, tapi tenang saja… kebiasaan Sandy dan Tae Woo yang saling suka mencela membuat saya terhibur. Belum lagi tingkah Kang Young Mi, sahabat Sandy, yang sangat tergila-gila pada sosok Jung Tae Woo :D

Saat membaca novel ini saya seperti sedang menonton sebuah drama Korea. Seperti yang sudah saya bilang tadi, ceritanya ringan dan tidak terlalu lebay menurut saya :P drama Korea rasanya kurang lengkap tanpa kehadiran sang mantan pacar, dan yup!! Di novel ini muncul Lee Jeoung Su, mantan pacar Sandy. 

Aaaa Jung Tae Woo itu sosok yang romantis dan pengertian. Semua itu terlihat dari perlakuan Tae Woo pada Sandy, hingga suatu waktu… kebenaran mengenai kejadian kelam empat tahun yang lalu kembali terkuak, membuat mereka… eiit!! Sudah sampai di sini, nanti kalau spoiler nggak asik ah :D

4 bintang untuk mereka!!!


Diikutkan dalam:
- IRRC 2014
- Young Adult RC 2014

No comments:

Post a Comment