Pages

Sunday, August 10, 2014

[Book Review #19] Spring in London


Penulis: Ilana Tan
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 240 halaman 
ISBN-13: 978-979-22-5376-4
Rate: 3/5


Gadis itu tidak menyukainya. Kenapa?

Astaga, ia—Danny Jo—adalah orang yang baik. Sungguh! Ia selalu bersikap ramah, sopan dan menyenangkan. Lalu kenapa Naomi Ishida menjauhinya seperti wabah penyakit? Bagaimana mereka bisa bekerja sama dalam pembuatan video musik ini kalau gadis itu mengacuhkannya setiap saat? Kesalahan apa yang sudah dia lakukan?

Bagaimanapun juga Danny bukan orang yang gampang menyerah. Ia akan mencoba mendekati Naomi untuk mencari tahu alasan gadis itu memusuhinya.

Tetapi ada dua hal yang tidak diperhitungkan Danny. Yang pertama adalah kemungkinan ia akan jatuh cinta pada Naomi Ishida yang dingin, misterius, dan penuh rahasia itu. Dan yang kedua adalah kemungkinan ia akan menguak rahasia gelap yang bisa menghancurkan mereka berdua dan orang-orang yang mereka sayangi.
***

Jo In Ho yang dikenal sebagai Danny Jo, merupakan model terkenal di Korea dan kini diminta untuk membintangi sebuah video musik Jung Tae Wo, sahabatnya. Dalam pembuatan video musik itu Danny Jo memiliki lawan main yang bernama Naomi Ishida, seorang model terkenal di Jepang. Tempat yang dipilih untuk menjadi lokasi pembuatan video musik itu adalah London. Selama proses pembuatan video musik Danny Jo merasa penasaran karena Naomi selalu menjauhinya. Tanpa Danny Jo ketahui, sebenarnya Naomi memiliki trauma masa lau yang berkaitan dengannya.  


Danny Jo tetap gigih mendekati Naomi, tapi akhirnya dia berhasil sedikit lebih dekat dengan Naomi dengan dalih hanya mencoba dekat sebagai teman. Seperti dapat yang kita tebak, sekuat apapun Naomi membatasi diri dan menolak, dia tetap tak bisa menyangkal jika dia mulai menyukai Danny. Begitu juga Danny, dia telah menyadari jika dia menyukai Naomi. Tapi Danny tak menyangka saat di Jepang, dia melihat seorang gadis yang mirip Naomi tengah bersama seorang laki-laki. 

Lalu bagaimana dengan hubungan Danny dan Naomi? Setelah Danny melihat seorang gadis yang mirip Naomi bersama seorang laki-laki di Jepang, juga tentang trauma masa lalu Naomi yang berkaitan dengan Danny. Silahkan membaca novelnya :)

Apakah kau benar-benar bisa berteman dengan orang yang bisa membangkitkan mimpi-mimpi terburukmu?

Kali ini saya merasa tidak ada yang spesial dari novel ini. Tapi walaupun begitu saya sangat menyukai cara Ilana Tan menggambarkan karakter tokohnya. Seperti yang kalian tahu, dalam membuat sebuah cerita jangan terlalu membuat tokohnya sangat sempurna, dan Ilana Tan sukses. Di novel ini Danny dan Naomi memiliki kelemahannya masing-masing, membuat mereka tidak terlalu sempurna, dan saya sangat menyukainya. Dan seperti yang kita ketahui, jika tokoh dalam setiap novel tetralogi empat musim pasti memiliki hubungan. Naomi yang merupakan saudara kembar Keiko (Winter in Tokyo), dan Danny Jo yang bersahabat dengan Jung Tae Wo (Summer in Seoul).

Walaupun jalan cerita mudah ditebak, tapi Ilana Tan tetap mampu membuat pembacanya hanyut dalam cerita karena alurnya mengalir dan saya terus melanjutkan membaca sampai selesai. Sebenarnya saya sedikit kecewa dengan novel ini. Sebagai novel pamungkas dari tetralogi empat musim, saya mengharapkan sesuatu yang lebih.  Tapi walaupun begitu, novel ini memiliki nilai moral yang sangat dalam. Dimana setiap orang pasti memiliki ketakutan, dan semuanya ada ditangan orang itu sendiri. Apakah dia ingin melawan ketakutannya dan berdamai, atau tetap kalah oleh ketakutannya sendiri. 

Dengan berat hati saya memberikan...
3 bintang!!!


Diikutkan dalam:
- IRRC 2014
- Young Adult RC 2014

 <a href="http://www.bloglovin.com/blog/12559643/?claim=vybrt97n9vw">Follow my blog with Bloglovin</a>

No comments:

Post a Comment