Pages

Sunday, August 17, 2014

[Book Review #21] Paper Romance

Penulis: Lia Indra Andriana
Penerbit: Penerbit Haru, April 2013
Tebal: 376 hlm
ISBN: 978 – 602 – 7742 – 13 – 0
Rate: 3/5
 

 KEV MIRROW, PENULIS BESTSELLER PULANG KE INDONESIA DAN MENEMUKAN INSPIRASINYA KEMBALI DARI SEORANG WANITA!

To:
Arie@majalahStarIndonesia.com
Mengenai artikel yang Anda tulis, saya ingin meluruskan beberapa hal:
1.    Saya tidak pernah kehilangan ide menulis, saya hanya vakum menulis sementara.
2. Eliana Candra, cewek yang mengaku sebagai pacar saya sebenarnya adalah asisten saya. Namanya saya gunakan sebagai tokoh utama di novel terbaru saya karena saya ingin menghukumnya (saya tidak ingin membahasnya).
3.    Saya masuk ke rumah sakit karena kecelakaan mobil beruntun, bukan karena tidak konsentrasi saat menyetir!
Kev Mirrow membaca ulang email yang hendak ia kirim. Dahinya berkerut, ia berpikir keras. Lalu sambil mendengus ia menghapus semua hasil ketikannya, menggantinya dengan sebaris tulisan:

Terima kasih telah menepati janji Anda mengirimkan hasil wawancara. Tidak ada yang salah, Anda boleh memuatnya di majalah.
Kev Mirrow
***

Eli tidak tahu apakah nasib baik tengah berpihak padanya, atau telah berpaling darinya saat ia bertemu dengan Kev Mirrow, penulis novel best seller yang sedang berusaha menyelesaikan novel terbarunya, dan terpaksa menjadi asisten laki-laki itu.  


Pada dasarnya Eli merupakan gadis pendiam yang penurut yang sering mengatakan ‘iya’ dan ‘maaf’’, bertolak belakang dengan Kev yang ketus, galak dan arrogant. Berhadapan dengan Kev membuat Eli harus ekstra sabar, dan dia tidak pernah menyangka dia akan sampai ke perputaran takdir selanjutnya. Namanya dijadikan nama pemeran utama dalam novel terbarunya! Oh, kalian jangan berpikir jika Kev telah sangat jatuh hati pada Eli. Kev melakukannya untuk balas dendam atas insiden salah-kirim-email yang dilakukan oleh Eli. Awalnya gadis itu akan mengirim e-mail pada temannya tapi dia malah salah kirim dan mengirimkannya pada Kev–orang yang menjadi pembahasan utama dalam e-mail tersebut.  

“…..Semoga dia kecelakaan saja deh jadi aku nggak perlu ketemu dia beberapa lama. 
 –Eliana Candra

Hingga Kev kecelakaan dan mengalami hilang ingatan. Selama hilang ingatan itulah Kev mengira Eli adalah kekasihnya, sama seperti cerita yang ada di dalam novel yang sedang digarapnya.

***

Hah, dua tokoh di atas sangat membuat saya frustrasi *lebay* Mereka membuat saya gemas sekaligus penasaran. Selain ada Kev yang seolah tidak mengenal magic word dan Eli yang pendiam dan sedikit naïf, ada juga tokoh-tokoh yang mencuri perhatian saya. Saya sangat menyukai Nathan, dia tampak begitu mengesankan. Selain Nathan, ada beberapa tokoh yang karakternya berbeda namun sangat kuat satu sama lain. Dan Nathan juga yang membuat saya gemas melihat Kev yang cemburu saat Nathan mendekati Eli hehe
Pada bab-bab awal novel ini, karakter Eli seolah benar-benar ditelanjangi, dan ini lah yang membuat saya sempat berhenti membaca selama beberapa waktu. Mungkin hal ini memang disengaja oleh penulis karena ingin menunjukkan sisi Eli sebelumnya, karena memang akan terjadi perubahan karakter yang sangat signifikan pada diri Eli. Perubahan karakter ini tidak hanya terjadi pada diri Eli, tapi juga pada Kev. Selain itu, konflik yang ada dalam novel ini dibangun dari flashback-flashback yang terselip di dalam cerita.

Sebenarnya saya sangat tertarik dengan tema yang diangkat oleh Mbak Lia, tapi menurut saya ada beberapa penjelasan yang terlalu dipaparkan di beberapa bagian. Selain itu saya terganggu dengan typo yang ada dan beberapa kekeliruan tanda penghubung yang membuat saya mengernyitkan kening.

Walaupun begitu, cover-nya yang lucu dan terlihat sangat menyegarkan, tema yang diangkat juga menarik minat, saya rasa novel ini cocok untuk direkomendasikan :)

3 bintang!!!


Diikutkan dalam:
- IRRC 2014
- Young Adult RC 2014

No comments:

Post a Comment